A. PENGERTIAN PUPPETER ANIMATION.
Gambar digital puppeter dalam animasi 2D adalah teknik membuat animasi atau film yang dibuat seolah-olah potongan gambar menjadi saling terhubung satu sama lainnya sehingga membentuk sutu gerakan bahkan sebuah cerita. Animasi jenis ini dibuat dengan teknik frame by frame, yaitu setiap gerakan gambar di capture satu per satu dengan kamera.
Paper Puppets
For Stop-Motion Animation
Film kartun terbagi menjadi dua yaitu film kartun 2D dan film kartun 3D. Film kartun 2D adalah pembuatan animasi dengan menggunakan gambar bersumbu dua yaitu X dan Y, sedangkan film kartun 3D adalah pembuatan animasi pada sebuah bidang yang menggunakan tiga sumbu X,Y dan Z sebagai sumbu kedalaman. (Gunawan, Bambang. 2012).
Pembuatan film kartun didasari dengan berbagai teknik, seperti teknik frame·by-frame, shape tweening, motion tweening, masking, dan motion guide, Menurut pernyataan Madcoms (2013), pembuatan dengan teknik puppetter sendiri terfokus dalam pembuatan karakter animasi 2D, intinya yaitu menggerakkan, menganimasikan karakter atau tokoh animasi dengan tool puppet tersebut.
B. JENIS ANIMASI BERDASARKAN TEKNIK PEMBUATAN.
Menurut pernyataan Suyanto, M (2005), dalam Multimedia animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Dimana dalam penerapan animasi terdapat beberapa jenis, antara lain :
1) Animasi Cell.
Potongan animasi dibuat dari asetat atau cell. Sel dalam dunia animasi pada umumnya merupakan lembaran - lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal.
2) Animasi Frame (Frame Animation).
Animasi ini menampilkan rangkaian gambar yang berurutan atau bergantian ditunjukkan secara cepat. Pergantian gambar ini diukur dengan satuan fps (frame per second).
3) Animasi Sprite (Sprite Animation).
Sprite adalah setiap bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planet berotasi, bola memantul. Sprite beranimasi dan bergerak sebagai objek yang mandiri.
4) Animasi Lintasan (Path Animation).
Animasi lintasan adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
5) Animasi Vektor.
Sebuah vector merupakan garis yang memiliki ujung pangkal, arah dan panjang. Animasi vector sama dengan animasi sprite. Animasi sprite menggunakan bitmap, animasi vector menggunakan rumus matematika untuk menggambarkansprite.
6) Animasi Karakter (Character Animation).
Animasi karakter merupakan cabang khusus animasi. Animasi karakter seperti pada film kartun dan 3 dimensi.
7) Animasi Puppet (Wayang/Boneka).
Jenis animasi stop motion ini biasanya melibatkan tokoh boneka atau wayang atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam yang ada. Figur atau boneka tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan yang memang mempunyai sifat yang lentur (plastik) dan mudah untuk digerakan saat melakukan pemotretan bingkai per bingkai. Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu yang muda diukir, kain, kertas, tanah liat, dan lain sebagainya, yang dapat menciptakan karakter yang tidak kaku
8) Animasi Pixilation.
Jenis animasi stop motion ini menggunakan aktor hidup, dimana aktor hidup ini berperilaku selayaknya boneka. Pemotretannya seperti pada stop motion biasanya, sang aktor berpose berulang-ulang untuk satu atau lebih frame yang diambil dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya seperti boneka yang digerakan.
C. ARTIKULASI STRUKTUR ANIMASI.
Articulated structure yaitu sekumpulan link yang terhubung dengan joint yang memungkinkan berbagai bagian struktur bergerak dengan arah tertentu. Joint merupakan dasar gerak dari animasi kerangka. (Arif, Adam. 2012)
a) Forward Kinimatics, Forward kinematics bekerja secara langsung dengan acuan sudut sendi untuk mencapai lokasi tertentu.
b) Inverse Kinematics, Inverse kinematics adalah teknik yang digunakan dalam model animasi kompleks dan rig gerak dengan sejumlah sendi.
D. PAPPETTER DENGAN STOP MOTION.
Fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.
Boneka tau mainan yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam stop motion karena alasan mudahnya menggerakkan dan mengembalikan seperti semula. Animasi Stop Motion yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liat atau clay mation.
Teknik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Start Blakton pada tahun 1906 yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, lalu diambil gambarnya menggunakan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.
Dalam perkembangannya, stop motion animation sering disebut juga sebagai claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/'tanah liat) scbagai objck yang digerakkan. Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGl atau Computer Generated imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion scbenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali. Tidak diperlukan satu keahlian khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan dalam pengerjaannya teliti dan telaten. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Namun, scmua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya.
Cukup dengan menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objck berupa boncka, model, atau gambar secara perlahan-lahan. Dan setiap pergerakan itu direkam dengan kamera foto ataupun kamera video. Kctika hasil rckaman itu kita susun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan scolah• olah objek bergerak dan hidup. animasi stop motion diciptakan yaitu dengan menggambar ekspresi wajahsebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya
Kelebihan Stop Motion Animation:
• Siapapun dapat membuatnya
• Tidak diperlukan peralatan yang 'wah'. Biasanya menggunakan malam / papercraft / clay
• Kamera
• Tripot
Kelemahan Stop Motion Animation:
• Proses pengerjaan lama
• Konsep harus matang
• Diperlukan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi
• Keterbatasan gerak objek
E. CARA KERJA ANIMASI STOP MOTION
Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan terscbut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi, Untuk membuatnya bisa menggunakan beberapa cara yaitu menggunakan komputer untuk menggambar. Kedua dengan menggambar langsung di kertas atau menggunakan media lainnya.
Yang perlu diperhatikan pada cara pembuatan animasi stop motion adalah posisi kamera (webcam) dan pencahayaan. Usahakan posisi kamera tidak bergerak-gerak saat dilakukan pengambilan gambar ata saat melakukan perubahan gerak obyck animasi. Untuk itu webcam dapat dipasang pad penyangga yang cukup kuat dan mengarah hampir tegak lurus dengan gambar.
Perubahan gerakan yang semakin sedikit pada setiap pengambilan gambar akan menghasilkan gerakan animasi yang semakin halus. Untuk itu storyboard akan sangat membantu untuk menentukan awal dan akhir gerakan schingga durasi untuk setiap hasil gerakan animasi yang didapat bisa diperhitungkan dengan tepat sesuai dengan kecepatan frame yang direncanakan. Atur fokus dari wcbcam dengan teliti dan usahakan pcncahayaan tepat berada di atas gambar dcngan jarak yang disesuaikan sehingga dapat menghasilkan gambar dengangaris tepi obyek yang jelas terlihat.
Thanks buat yang udah baca, kurang lebihnya mohon maaf, saya syahna pamit undur diri, fī amānillah.